Sabtu, 06 Oktober 2007

Memindahkan FreeBSD Ke Harddisk Lain

Artikel ini dibikin setelah sempet punya masalah harddisk yang dipake terlalu kecil sementara kalau ditambah harddisk nya jadi 2 sayang terlalu besar dan nanti malah nambahin satu komputer nganggur gak ada harddisknya.
Setelah sempet pusing karena memang gak tau caranya akhirnya nemu artikel dari unixcities.com (link asli nya udah lupa tapi silahkan di search disana pasti ada) yang ngebahas cara mindahin FreeBSD secara full dari satu harddisk ke harddisk yang lain.
Kondisi yang saya alami adalah sudah memiliki PC dengan FreeBSD terinstall pada harddisk berkapasitas 10Gb dan ingin diganti dengan harddisk dengan kapasitas 20Gb. Karena koneksi internet yang kecil, kalau install ulang perlu waktu lama untuk sekedar upgrade ke stable belum lagi urusan setting ini itu, bisa-bisa warnet tutup lebih dari satu hari. Oleh karena alasan itulah akhirnya diputuskan untuk browse internet dan mencari cara bagaimana memindahkan seluruh isi harddisk ke harddisk yang lain tanpa harus setting ulang.
Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan.
Pertama Cabut harddisk yang lama dari komputer anda dan pasang harddisk yang baru ditempat harddisk yang lama terpasang sebelumnya. Kemudian install harddisk yang 20Gb (yang baru) dengan installasi FreeBSD standar atau bisa juga installasi minimal biar cepet yang penting pembagian partisi diusahakan sama tetapi dengan ukuran yang lebih besar dari pembagian partisi yang lama. Tapi sekali lagi pastikan bahwa harddisk anda yang lama dicabut dulu, alias tidak dipasang untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Selanjutnya cabut kembali harddisk yang baru saja di install FreeBSD (harddisk baru) dan kembali pasang harddisk lama anda ke posisi semula, sementara harddisk yang baru di install dipasang di slave.
Kemudian setelah semua beres silahkan boot dengan menggunakan Harddisk yang lama (FreeBSD lama) jangan yang baru, terus yang harus dilakukan adalah boot ke single mode seperti biasa dengan menekan space bar ketika hitungan 10 detik masih berjalan dan ketikan boot -s kemudian enter.
Setelah berhasil login lakukan perintah berikut ini secara berurutan

Tidak ada komentar: